Kota mekah merupakan destinasi yang banyak di kunjungi umat islam untuk menunaikan haji maupun umrah. Kota Mekah juga memiliki banyak tempat bersejarah yang dapat dikunjungi seperti Museum Al-Wahyu.


Museum Al-Wahyu berada di Hira Cultural Distric, tepat di kaki Gunung batu Jabal Nur yang merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama kalinya di Gua Hiro, dihadirkan dalam museum digital. Proyek pembangunan Hira Cultural District atau Distrik Budaya Hira di atas lahan seluas lebih dari 67.000 meter persegi juga berlangsung.


Pusat budaya ini terdiri dari Lintasan ke Goa Hira, Museum Al-Qur’an Al-Karim, Pameran Wahyu, Perpustakaan Kebudayaan, Hira Park dan Fasilitas Komersil lainnya. Gua Hira sendiri adalah tempat Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu dari malaikat Jibril.


Museum ini memiliki nilai menarik karena dilengkapi dengan teknologi mutakhir dan visualisasi yang canggih. Hal tersebut memberi kemudahan para pengunjung dalam memahami kisah-kisah turunnya wahyu dari Nabi Adam AS hingga wahyu terakhir saat Nabi Muhammad SAW wafat.


Museum wahyu, menjadi transmisi sejarah dan peradaban Islam. Dari era permulaan Islam hingga era kekinian. Replika gua hira, melengkapi museum ini, menjadi daya tarik tersendiri yang sangat amat sayang untuk dilewatkan.